NEWS FLASH

Pembangunan

DPU Nunukan Bangun Jalan 28.221 KM

AIYUB | Selasa, 06 Mei 2014 - 16:11:44 WIB | dibaca: 1992 pembaca

PENINGKATAN : Tampak jalan Sungai Sembilan yang telah dilakukan peningkatan berupa pengaspalan di 2013 lalu untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas.

NUNUKAN –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Nunukan telah membangun jalan sepanjang 28.221 Kilometer (KM). Pembangunan jalan tersebut telah menghabiskan anggaran miliaran rupiah yang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2013.
“Untuk jalan, kita belum ada klasifikasinya kalau di Nunukan ini. Semuanya masih umum saja. Hanya saja saat ini ada namanya jalan kota dan jalan penghubung dari kota ke ke desa-desa. Jenisnyapun ada yang beraspal dan yang masih berupa pengerasan,” kata Kepala Bidang Bina Marga DPU Nunukan Burhanuddin ST.
Selain pembangunan jalan, dinas yang mengurusi berbagai pembangunan sarana dan prasarana umum ini juga melakukan pembangunan jembatan. Sepanjang  2013 lalu, sudah sebanyak 8 unit jembatan/box culvert untuk seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Nunukan dibangun.
“Kita masih membangun jembatan-jembatan yang sifatnya kecil. Artinya tidak ada jembatan yang panjang. Sebab, kondisinya memang seperti itu. Konstruksinya rata-rata baja dan beton. Kecuali di Kecamatan Krayan yang masih berkonstruksi kayu. Tahun 2014 ini rencananya akan dirubah, sebab ketahanannya tidak lama. Setiap 3 atau 4 tahun harus diganti lagi, jadi kita gantikan dengan yang berbahan baja dan beton biar tahan lama,” terangnya.
Dikatakan, selain pembangunan, pihaknya juga melakukan pemeliharaan dan peningkatan jalan. Di 2013, DPU Nunukan telah melakukan peningkatan sepanjang 81.355 Km. Kemudian untuk peningkatan jembatan hanya 1 unit. Sebab, rata-rata jembatan yang dibangun masih dalam kondisi baik dan belum layak diperbaiki.
“Untuk 2014 ini, kita juga terus melakukan pembangunan jalan dan jembatan lagi. Baik yang bersifat multiyears atau tahun jamak maupun yang sifatnya sekali dalam setahun saja. Apalagi, jalan itu kan selalu digunakan, tentunya butuh perawatan dan peningkatan pastinya,” pungkasnya. (HMS/AYU)