NEWS FLASH

Informasi Umum

Upacara HUT TNI Ke 68 Tahun 2013 Kabupaten Nunukan di Gelar Dialun-alun Kota Nunukan

Humas Pemkab Nunukan | Sabtu, 05 Oktober 2013 - 20:49:53 WIB | dibaca: 1846 pembaca

Pemeriksaan Pasukan Oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Nunukan Letkol Laut (P) I Bayu Trikuncoro, dalam Upacara HUT TNI ke 68 yang digelar di Alun-Alun Nunukan.

Nunukan – Upacara Hari Ulang Tahun  Tentara Nasional Indonesia (HUT-TNI) ke 68 Tahun 2013 yang diperingati Sabtu (5/10) di Kabupaten Nunukan digelar di Alun-Alun Kota Nunukan.
Upacara yang dipimpin Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Nunukan Letkol Laut (P) I Bayu Trikuncoro  yang bertindak sebagai Inspektur Upacara sekaligus menyampaikan amanat Panglima TNI Jenderal (TNI) Moeldoko. Dalam amanat yang disampaikan kepada seluruh anggota TNI, Pegawai Negeri Sipil TNI  mengucapkan dirgahayu Tentara Nasional Indonesia dan mengucapkan penghargaan atas pengabdian yang dilakukan oleh anggota TNI.
Pada peringatan HUT TNI ke 68 kali ini sepatutnya momentum ini dijadikan sebagai wahana untuk merefleksikan diri dan merevitalisasi pengabdian TNI kedepan secara konseptual bagi kepentingan nasional yang menyangkut pembangunan ekonomi nasional, memelihara kerukunan dan kesatuan bangsa, menyukseskan penyelenggaraan pemilihan umum dan suksesi kepemimpinan nasional tahun 2014 serta mempertahankan kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan republik Indonesia (NKRI).
“Perlu disadari seluruh komponen bangsa dan segenap prajurit dan PNS TNI, karena diera globalisasi saat ini faktor stabilitas politik dan keamanan sangat memainkan peranan penting dalam perkembangan perekonomian Indonesia dalam membawa pengaruh pada segala aspek kehidupan masyarakat,” ujarnya.
Dalam mendukung pelaksanaan konsep tersebut, tugas Prajurit TNI dapat diimplementasikan sesuai dengan Motto TNI Bersama Rakyat TNI Kuat dan dengan dukungan rakyat TNI semakin akan siap dan mantap dalam melaksanakan tugas dengan langkah antipasipatif  serta responsive termasuk menjaga asset-aset sumber daya ekonomi nasional secara tegas yang menjadi modal pembangunan nasional. Bersama rakyat kita cegah terjadinya benturan dan kekerasan komonal yang akan mengganggu ketetntraman hidup masyarakat dan kesatuan bangsa, bersama rakyata kita jamin pelaksanaan pemilu tahun 2014 dapat berjalan lancar, tertib, bebas, adil dan damai karena pemilu adalah masa depan keberlanjutan pembangunan nasional.
Bersama rakyat kita mempertahankan kedaultan dan keutuhan setiap jengkal wilayah yang secara sah merupakan bagian integral NKRI. “Penderian TNI jelas dan tegas tidak mengenal kompromi dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI,” ungkapnya.
Melalui kebersamaan masyarakat, berharap agar seluruh komponen bangsa agar dapat berjalan seiring, selaras, serasi dan seimbang dengan dasar pandangan yang sama didalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara guna membangun masa depan bersama untuk menjadi bangsa yang besar kuat dan bermartabat.
Untuk itu, menekankan sebagai pedoman jajaran satuan TNI tingkatkan keimanan sebagai landasan moral soerang prajurit dan PNS TNI dalam melaksanakan tugas, tingkatkan profesionalisme keprajuritan dengan terus belajar dan berlatih karena nantinya akan dihadapkan dengan realisasi pemunihan alustista, serta meningkatkan keterampilan lainnya dalam mendukung tugas perbantuan TNI. Tingkatkan soliditas dan solidaritas antar prajurit dan satuan serta masyarakat sebagai modal dalam membina kebersamaan TNI bersama rakyat.(hms-ayu)