NEWS FLASH

BPM-PD

Humas Pemkab Nunukan | Rabu, 02 September 2015 - 08:47:54 WIB | dibaca: 3089 pembaca

PROFIL BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PEMERINTAH DESA


    Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Nunukan merupakan unsur pelaksana Pemerintah Kabupaten Nunukan yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Bupati. Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Nunukan ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Nunukan Nomor 22 Tahun 2008 tentang pembentukan, susunan organisasi dan tata kerja lembaga teknis daerah Kabupaten Nunukan, yang memiliki tugas dan fungsi sebagai berikut:

1. Tugas Pokok

        Menurut Peraturan daerah Nomor 22 Tahun 2008, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Nunukan mempunyai tugas pokok; menyusun dan melaksanakan kebijakan daerah bidang Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintah Desa sesuai dengan peraturan yang berlaku.


2. Fungsi

1) Dalam rangka melaksanakan tugas pokok tersebut Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Nunukan mempunyai fungsi

2) Perumusan kebijakan teknis dibidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa sesuai dengan rencana strategis yang telah ditetapkan oleh Pemerintahan Desa.
3) Pemberian dukungan atas perencanaan, pembinaan dan pengendalian kebijakan teknis dibidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa.
4) Pemberian dukungan atas perencanaan, pembinaan dan pengendalian kebijakan teknis dibidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa.
5) Perumusan, perencanaan, pembinaan, koordinasi dan pengendalian teknis bidang ketahanan masyarakat.
6) Perumusan, perencanaan, pembinaan, koordinasi dan pengendalian teknis bidang usaha ekonom dan pemukiman.
7) Penyelenggaraan urusan kesekretariatan
8) Pembinaan kelompok Jabatan Fungsional
9) Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang tugasnya.

 

Telaahan Visi dan Misi BPM-PD
   Dalam mengantisipasi tantangan kedepan menuju kondisi yang diinginkan, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa sebagai organisasi yang berada dalam jajaran Pemerintah Kabupaten Nunukan akan  secara terus menerus mengembangkan kekuatan dan meminimalkan kelemahan untuk menangkap peluang dan menghindari ancaman dengan membuat terobosan-terobosan baru dalam rangka mewujudkan visi dan misi Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa yang erat kaitannya dengan vivid an misi kepala daerah yang di jabar dalam program dan kegiatan dalam rangka mendukung tugas pokok dan fungsi pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa di kabupaten Nunukan diantaranya:


A. VISI
    Secara konseptual, visi merupakan cara pandangan jauh kedepan yang menyangkut kemana organisasi harus dibawah dan diarahkan agar dapat bekarya secara konsisten dan tetap eksis, antisipasif, inovatif serta produktif. Pada sisi lain juga merupakan suatu gambaran menantang keadaan masa depan yang berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan dalam kurun waktu tertentu.
    Dengan Visi Kabupaten Nunukan yaitu “ Terwujudnya Kabupaten Nunukan yang aman, damai, maju,dan sejahtera dengan dukungan masyarakat yang harmonis serta kepemerintahan yang baik”
Dengan semikian visi Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Nunukan adalah :
“ Terwujudnya Kemandirian Masyarakat
Kabupaten Nunukan Yang Kreatif Dan Inovatif”

Visi tersebut diatas mengandung beberapa makna sebagai berikut :

Kreatif : dengan adanya pelatihan-pelatiahn dan bantuan modal kepada masyarakat diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat perdesaan.
Inovatif : dimaksud agar masyarakat dapat merubah kondisi dari masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern/maju.

 

B. MISI
    Misi adalah sesuatu yang diembankan dan harus dilaksanakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa sebagai penjabaran dari visi yang telah ditetapkan. Dengan pernyataan misi diharapkan seluruh aparatur Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa dan pihak yang berkepentingan dapat mengetahui dan mengenali keberadaan serta peran Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Deas dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.


    Misi Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, sebagai berikut :
“Mengembangkan kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperan aktif dalam pembangunan, sehingga secara bertahap masyarakat mampu membangun diri dan lingkungannya secara mandiri dengan :

1. Meningkatkan kualitas pelayanan

2.Mengembangkan serta meningkatkan kualitas dan kuantitas prasarana dan sarana pemberdayaan masyarakat dan pemerintah desa.
3. Memantapkan dan meningkatkan keswadayaan dan nilai-nilai sosial budaya masyarakat melalui penguatan kelembagaan, aparatur ditingkat perdesaan.
4. Meningkatkan mengembangkan usaha ekonomi masyarakat serta pemanfaatan sumber daya dan pendayagunaan teknologi yang berwawasan lingkungan hidup.

 

Penciptaan teknologi dimasyarakat dapat dikembangkan menjadi teknologi baru dimana masyarakat dapat menjadi masyarakat yang mandiri dan penuh inovatif.