NEWS FLASH

DPU

Humas Pemkab Nunukan | Kamis, 03 September 2015 - 08:47:12 WIB | dibaca: 2704 pembaca

PROFIL DINAS PEKERJAAN UMUM


VISI DAN MISI

VISI DINAS PEKERJAAN UMUM  “Terwujudnya Pembangunan Bidang Pekerjaan Umum”

MISI DINAS PEKERJAAN UMUM:
1. Meningkatkan kompetensi dan pelayanan SDM Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Nunukan
2. Mewujudkan pembangunan infrastruktur pengelolaan sumber air baku,keberlanjutan pemanfaatan serta mengurangi resiko daya rusak air.
3. Mewujudkan pembangunan jaringan jalan dan jembatan
4. Mewujudkan pembangunan infrastruktur pemerintahan dan fasilitas public
5. Mewujudkan sarana dan prasarana penyehatan lingkungan dan pemukiman masyarakat
6. Mewujudkan penataan ruang sebagai pedoman pembangunan daerah

STRUKTUR ORGANISASI

1. Kepala Dinas
2. Sekertaris
    ⦁ Penyusunan Program dan Pelaporan
    ⦁ Keuangan
    ⦁ Umum dan Kepegawaian
3. Bidang Pengairan
    ⦁ Tata Guna Air dan Irigasi
    ⦁ Pengembangan dan Pemeliharaan Irigasi
4. Bidang Bina Marga
    ⦁ Pembangunan  Jalan dan Jembatan
    ⦁ Peningkatan Jalan dan Jembatan
    ⦁ Pemeliharaan Jalan dan Jembatan
5. Bidang Cipta Karya
    ⦁ Penyehatan Lingkungan dan Pemukiman
    ⦁ Tata Guna Bangunan
    ⦁ Penyediaan Sarana  Air Bersih
6. Bidang Penataan Ruang
    ⦁ Pemanfaatan Penataan Ruang
    ⦁ Pengendalian Pemanfaatan Ruang

 

SUMBER DAYA MANUSIA
   Sumber daya Manusia merupakan salah satu komponen pelaksana pembangunan yang memegang peran penting dan menen tukan dalam setiap aktivitas atau kegiatan yang dilaksanakan.Keberadaan Sumber daya Manusia baik secara kuantitas maupun kualitas merupakan prasyarat utama untuk menjamin keberhasilan pelaksanaan tugas maupun kegiatan.
   Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Nunukan dalam melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan perundangan yang berlaku didukung oleh sejumlah pegawai atau sumberdaya manusia aparatur dengan berbagai posisi jabatan dan tingkat pendidikan .Berdasarkan data terakhir (Desember 2014)  jumlah sumberdaya manusia aparatur Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Nunukan sebanyak 339 orang.Dari Jumlah tersebut terdiri dari 17 (Sembilan Belas) orang yang memegang jabatan structural, 56 (Lima Puluh Enam) orang pegawai non structural, 266 orang pegawai honor lepas.
   Dengan kekuatan jumlah sumberdaya manusia tersebut Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Nunukan telah mengambil peran penting di dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Nunukan.Berbagai bentuk program dan kegiatan telah dan sedang dilaksanakan yang pada intinya untuk mendorong laju pergerakan pembangunan dan peningkatan pertumbuhan perekonomian secara menyeluruh.


SARANA PRASARANA
   Keberhasilan pelaksanaan program dan kegiatan sebagai perwujudan dari pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Nunukan sangat didukung oleh ketersediaan sejumlah sarana dan  yang dimiliki.Sarana dan prasarana berupa fasilitas gedung dan kantor,peralatan bengkel, peralatan studio, peralatan survey lapangan,sarana transportasi operasional dan peralatan penunjang lainnya.
   Kebutuhan jumlah sarana dan prasarana terus berkembang sesuai dengan perkembangan  dan kebutuhan serta program dan kegiatan yang direncanakan.Secara garis besar keadaan sarana prasarana Dinas Pekerjaan Umum kabupaten Nunukan meliputi :Bangunan gedung 24 unit,Peralatan dan Mesin 25 unit,Tanah 3 unit,Jalan,Irigasi dan jaringan 560 unit,Aset tetap Lainnya(Patok) 2 unit,Konstruksi dalam Pengerjaan 106 unit.