MAHASISWA KKN UB ADAKAN PELATIHAN MEMBUAT DODOL BUAH DURIAN DAN TERAP DI DESA SEI. LIMAU SEBATIK TENGAH

News Update - Sebanyak sepuluh mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) melakukan pelatihan kepada masyarakat untuk membuat dodol dari buah durian dan terap di Desa Sungai Limau Kecamatan Sebatik Tengah Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara (21/7/2019).

Pelatihan pembuatan dodol dari buah durian dan terap dilakukan untuk memaksimalkan potensi yang ada di Desa Sungai Limau tersebut. Karena buah durian merupakan buah yang sangat mudah dijumpai, apalagi sangat panen raya seperti di bulan Juli ini. Selain itu buah terap juga merupakan buah yang sangat banyak di Desa Sungai Limau.

Inovasi tersebut dilakukan demi menggenjot pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya jual suatu produk dengan cara mengolahnya, sehingga nilai produk lebih meningkat. Selain itu inovasi tersebut dilakukan untuk menambah variasi oleh-oleh khas perbatasan di Pulai Sebatik.

Bahan yang digunakan antara lain: 
600 gram Tepung Ketan, 
600 gram Gula Aren, 
300 gram Gula Pasir, 
1000 cc Santan Kelapa, 
300 gram Buah ( durian, cempedak, terap).

Pembuatannya sederhana dengan cara : 
- Mencampur tepung ketan dengan buah yang di inginkan (durian , cempedak, terap ). 
- Kemudian memasukkan 500 cc santan kelapa ke dalam campuran tepung, aduk hingga rata. 
- Lalu menyalakan kompor dengan api kecil, masukkan gula aren, gula pasir dan 500 cc santan kelapa, aduk hingga gula larut, dan 
- Tambahkan adonan tepung ketan dengan buah, aduk terus sampai adonan mengental. (sekitar 1 jam ). 
- Terakhir Letakkan adonan dodol pada loyang, biarkan hingga dingin hingga siap dipotong dan dikemas.

Acara yang berlangsung kurang lebih 5 jam tersebut berjalan baik. Masyarakat sangat antusias untuk menumbuhkan potensi produk hingga dapat dipasaran.

(Foto dan Info : Reynaldi Mahasiswa KKN UB di Sebatik)

 

  • Share :

SKPD / OPD