Hj. ASMIN LAURA HAFID MENGIKUTI RAPAT KERJA NASIONAL INDONESIA BERSIH

News Update - Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid mengikuti Rapat Kerja Nasional Indonesia Bersih berlangsung di Jakarta pada Kamis (21/2) yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan dan Kehutanan Republik Indonesia dengan Program Indonesia Bersih kelola sampah, Hidup bersih, sehat dan bernilai.

Pencapaian target pengurangan sampah plastik di laut dilaksanakan secara terintegrasi melalui program di 16 Kementerian dan Lembaga dengan 59 kegiatan mendukung 5 strategi rencana aksi nasional yakni (1) Perubahan Perilaku, (2) Mengurangi kebocoran dari darat, (3) Mengurangi kebocoran dari laut, (4) Peningkatan penegakan Hukum & Pendanaan dan (5) Penelitian dan Pengembangan.

Dalam arahan Menteri dalam Negeri tercantum bahwa momentum yang tepat untuk mengintegrasikan Jakstrada ke dalam renstra perangkat daerah yang terkait dalam penanganan persampahan. Segera menyelesaikan kebijakan yang menjadi landasan pelaksanaan pengelolaan persampahan di daerah. Melibatkan berbagai elemen masyarakat serta melakukan kerjasama antar wilayah.

Dalam upaya pengurangan dan penanganan sampah rumah tangga, pengurangan dan penanganan sampah diharapkan Pemerintah Daerah membuat kebijakan di daerah. Meningkatkan pengelolaan limbab medis secara terpadu di wilayah provinsi atau kabupaten/kota dan bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan di dalam kampanye pengurangan sampah plastik. (HM).

  • Share :

SKPD / OPD