PELETAKAN BATU PERTAMA PABRIK KELAPA SAWIT PT. SEBAUNG SAWIT PLANTATIONS

Bupati menyampaikan 5 Poin Penting

Infotokol - Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid bersama Wakil Bupati Nunukan H. Faridil Murad menghadiri Pembangunan Pabrik Pengelolahan Kelapa Sawit ynag di tandai dengan Peletakan Batu Pertama PKS PT. Sebaung Sawit Plantations di Desa Pelaju Kecamatan Sembakung, Rabu (10/04).

Hadir dalam rombongan tersebut, Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, Anggota DPRD Provinsi Kaltara Andi Muhammad Akbar Mattawang Djuarsah, Wakil Bupati Nunukan H. Faridil Murad bersama Istri Anna Mega Riana, Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan Serfianus SIP, Kadis Perhubungan Abdi Jauhari, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Cholid Muhammad SP, Kepala BPMPTSP Juni Mardiansyah, Kadis Disnakertrans Abdul Munir ST, Kadis Kominfo dan Statistik Ir. H. Dian Kusumanto, Kadis PU Ir. Muhammad Sopyang.

Dalam sambutan Direksi PT. Sebaung Sawit Plantations Mulianto menjelaskan dengan sudah makin luasnya tanaman kelapa sawit yang selama ini kami budidayakan baik inti maupun plasma maka sudah saatnya kami mewujudkan berdirinya pabrik kelapa sawit yang sama sama di harapkan oleh masyarakat, terutama petani plasma yang menjadi binaan kami, yang mana empat desa yang tetlibat di wilayah kerja PT. Sebaung Sawit Plantations, yaitu Desa Tepian, Desa Pelaju, Desa Tagul yang berada di Kecamatan Sembakung dan Desa Pembeliangan yang berada di Kecamatan Sebuku.

"Untuk itu dengan rencana pembangunan pabrik ini, maka akan menjadi babak baru masa depan bagi petani plasma binaan perusahaan kami untuk mendapatkan hasil dari kebun plasma yang telah di bangun selama ini," Ungkapnya.

Dalam sambutan tertulis Bupati Laura menyampaikan 5 poin penting yaitu:

1. Menekankan kepada pihak perusahaan untuk serius dan memiliki target waktu yang jelas dalam membangun kebun plasma masyarakat sekitar. Keseriusan nya antara lain, pembangunan plasma yang di lakukan bersamaan dengan kebun inti perusahaan dengan luasan pembangunan yang berimbang, percepatan rancang kavling sampai dengan memfasilitasi masyarakat dalam mendapatkan status hak milik dan yang terpenting adalah terwujudnya perkebunan plasma yang produktif dan bersinergi dengan pembangunan kebun inti dan industri pengolahan perusahaan dalam peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di areal perkebunan.

2. Terkait kemitraan usaha pada PT. Sebaung Sawit Plantations adalah kerjasama dalam pemenuhan logistik perusahaan dengan pemanfaatan kebutuhan logistik yang bersumber dari produksi masyarakat setempat dengan langkah ini tentunya akan meningkatkan nilai tambah atas kegiatan produksi masyarakat sehingga kehadiran perusahaan di tengah tengah masyarakat secara nyata dapat di rasakan dan memberikan kontribusi positif.

3. PT. Sebaung Sawit Plantations dapat membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat setempat, dan bagi angkatan kerja di Kabupaten Nunukan keahlian tertentu. Saat ini kita telah memiliki sekolah menengah kejuruan dan politeknik yang telah melahirkan tenaga tenaga terampil yang siap memasuki dunia kerja.

4. pihak perusahaan dalam melaksanakan budidaya dan Pengelolaan industri kelapa sawit untuk menggunakan pedoman perkebunan kelapa sawit berkelanjutan Indonesia.

5. dan buat masyarakat sekitar perusahaan agar senantiasa menciptakan dan menjaga kondisi yang kondusif buat perusahaan perkebunan untuk melaksanakan aktivitas nya. Peran serta masyarakat dalam mewujudkan harmonisasi antara perusahaan dan masyarakat sangat penting dalam mencapai tujuan penyelenggaraan perkebunan dan kemakmuran masyarakat. (ILO/Pro)

  • Share :

SKPD / OPD