UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA DISELENGGARAKAN PENUH HIKMAT

Warta Humas - Pemerintah daerah Kabupaten Nunukan menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Acara yang digelar di Kantor Bupati Nunukan diselenggarakan tepat pada hari lahir Pancasila, Sabtu 1 Juni 2019.

Bertindak Selaku Inspektur Upacara adalah Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Muhammad Amin,S.H.

Membacakan sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Muhammad Amin ,S.H menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para "pendiri bangsa" merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat Bangsa Indonesia.

" walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai - nilai Pancasila, kita akui bahwa ekstensi Keindonesiaan baik secara bangsa maupun secara negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila", tutur M. Amin.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dalam konteks itulah, sesuai dengan pesan Presiden RI Joko Widodo bahwa memperingati Hari Lahir Pancasila adalah suatu keniscayaan.

" Pertama, kita harus mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai - nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bagian nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa", tutur Amin.

Selanjutnya pesan kedua disampaikan bahwa dengan merayakan hari lahir Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Seusai mendengarkan sambutan inspektur upacara, segenap peserta upacara dengan penuh semangat menyanyikan lagu "Garuda Pancasila" yang dinyanyikan dengan hikmat dan penuh semangat.

Seusai upacara, peserta upacara berkesempatan untuk berfoto bersama dan sekedar berfoto sendiri (Selfi) di seputar podium upacara sebagai ungkapan penghargaan dan rasa bangga dari para peserta upacara yang terdiri atas Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah kabupaten Nunukan karena di waktu libur kerja dan waktu mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri masih bisa menyempatkan diri dan meluangkan waktu mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 ini.

" Acara ini adalah wujud nyata penghargaan dari Pemerintah Daerah dan segenap Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kabupaten Nunukan untuk Hari lahirnya Pancasila", tutur Kaharuddin Andi Tokkong SS, Kabag Organisasi Setda yang pada upacara kali ini bertindak selaku perwira upacara.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ini adalah penyelenggaraan upacara yang kedua setelah sebelumnya diselenggarakan Upacara Hari Lahir Pancasila dengan Pengibaran Bendera Merah Putih di Lapangan Upacara Kantor Bupati Nunukan.

Tak kalah dengan semangat yang dilakukan Pemerintah Daerah, kegiatan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila ini juga secara mandiri dilakukan oleh masyarakat, diantaranya adalah kegiatan Jari Lahir Pancasila, Reuni Akbar dan Buka Puasa Bersama oleh Keluarga Besar Mahasiswa Nunukan Kota Tarakan - HKBMT - KT dengan tema " Merajut Kembali Tali Silaturahmi Melalui Nilai - Nilai Pancasila". Acara tersebut rencananya dimulai pada pukul 16.30 wita di Ballroom Hotel Marvell Nunukan.

Pada malam harinya, pukul 19.00 wita bertempat di Kapela Sei Sembilan juga akan dilakukan launching GENmuda Flobamora dan Peringatan Hari Lahir Pancasila. Kegiatan ini akan diisi dengan acara nonton bareng Film " KETIKA BUNG DI ENDE", sebuah film yang berkisah tentang Soekarno yang diasingkan ke Ende pada Tahun 1934. Pemutaran Film ini sangat relevan dan dapat menggugah rasa nasionalisme.
(Tus/Ayu/Ilo/Humas)

  • Share :

SKPD / OPD